Mengapa PayPal Mengganti VMWare dengan OpenStack ?

380542318

Hampir 100 persen trafik yang datang ke web PayPal dan aplikasi-aplikasi API, begitu juga layanan mid-tier, kini dilayani oleh cloud OpenStack privat milik perusahaan tersebut.

OpenStack telah menggantikan VMware di perusahaan sistem pembayaran yang juga memiliki situs eBay tersebut. Transformasi dilakukan bertahap dan dimulai pada sesi musim panas 2011 yang lalu, ketika tim infrastruktur PayPal mulai mengarahkan 20 persen beban kerja ke cloud OpenStack.

Alasan yang dibuat oleh perusahaan tersebut berpindah dari platform proprietary ke opensource adalah agar mereka mendapatkan kebebasan untuk melakukan kustomisasi dan menghindari terjadinya vendor lock-in

“Dengan OpenStack, PayPal memliki kendali lebih dalam hal kustomisasi dan lebih banyak pilihan vendor yang digunakan dalam lingkungan hybrid cloudnya”, demikian pernyataan Sri Shivanda, Wakil Presiden Platform dan Infrastruktur Global PayPal, yang disampaikannya via email

Dalam posting blognya, Shivananda menulis bahwa mereka juga kini hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk meningkatkan kapasitas dan mengembangkan aplikasi Java yang baru – sesuatu yang di masa lalu membutuhkan waktu berhari-hari.

Suatu perusahaan dapat membangun cloud OpenStack sendiri atau menyewa seorang spesialis untuk distribusi yang diinginkan dari arsitektur cloud open source yang populer tersebut. PayPal sendiri memilih DIY, demikian ungkap Shivananda.

Cloud OpenStack privat PayPal berjalan di 4.100 server fisik. [opensource.id]

 

%d bloggers like this: