Sertifikat Expire, Layanan Gmail Sempat Terganggu

gmail-logo-100160576-gallery

Google lupa untuk memperbaharui salah satu sertifikat TLS mereka, yang membuat layanan Gmail perusahaan tersebut terganggu, terutama bagi mereka yang menggunakan klien email pihak ketiga.

Masalah tersebut terselesaikan dalam beberapa jam saja, tetapi menjadi peringatan bagi operator layanan digital untuk tetap mengetahui jadwal habis masa sertifikat dan membuat perencanaan-perencanaan lanjutan.

Beberapa pengguna melaporkan pada sabtu yang lalu di Twitter dan beberapa situs lain bahwa email client yang mereka gunakan seperti Microsoft Outlook dan OX X Mail menampilkan pesan error sertifikat saat mereka mencoba mengirimkan email melalui smtp.gmail.com

Tampaknya bukanlah sertifikat server SMTP yang habis masanya, melainkan sertifikat terkait lainnya yang lebih tinggi dan berhubungan dengan Google Internet Certificate Authority G2 – suatu otoritas intermediasi sertifikat yang dioperasikan oleh Google.

Saat sertifikat SSL/TLS divalidasi oleh aplikasi software, seluruh sertifikat link back haruslah valid. Dalam kasus ini, sertifikat untuk smtp.gmail.com dikeluarkan oleh Google Internet Authority G2, yang diterbitkan oleh GeoTrust Global CA.

Berdasarkan keterangan di  halaman status Gmail , membutuhkan dua setengah jam bagi Google untuk memperbaiki masalah tersebut, yang memberikan dampak bagi banyak pengguna. Sertifikat kemudian diperbaharui dan habis masa pada tanggal 31 Desember 2016 mendatang.

Meskipun umumnya layanan online besar memonitor sertifikat mereka dengan ketat, kasus serupa pernah terjadi sebelumnya yang mengakibatkan konsekuensi yang tidak kecil.

Di bulan Februari 2013, masalah habis masa sertifikat juga dialami oleh layanan Azure di seluruh dunia sepanjang satu hari penuh. Dikarenakan Azuer adalah platform cloud computing, banyak layanan pihak ketiga yang juga terpengaruh oleh hal tersebut. (opensource.id)

%d bloggers like this: