VP9: Membuat video YouTube lebih cepat, lebih baik dan bebas buffer

lcoplgz1bigxab68kh3o

Seiring dengan makin banyaknya orang yang menonton video berkualitas tinggi di berbagai layar, maka dibutuhkan format video yang menyediakan resolusi yang lebih baik tanpa meningkatkan penggunaan bandwidth. Itulah mengapa Google mulai melakukan enkoding video ke format VP9, codec open source yang memberikan kualitas HD bahkan 4K (2160p) dengan hanya setengah bandwidth yang digunakan oleh codec yang lain.

VP9 adalah codec kompresi video yang paling efisien saat ini. Pada tahun kemarin saja, pengguna YouTube telah menonton lebih dari 25 miliar jam dalam format VP9. Dan seiring dengan banyaknya perangkat lain yang mengadopsi VP9, maka teknologi ini semakin berkembang.

Bagaimana VP9 Bekerja ?

Video menangani banyak informasi. Jika video disimpan dalam format yang sama dengan yang diperoleh dari suatu sensor kamera yang digunakan saat merekam suatu scene, maka hasilnya akan sangat besar – baris 4K dapat mencapai 18.000 Mbps. Karenanya, kompresi video modern melakukan enkoding suatu deskripsi dari fitur di suatu scene dan mentracking bagaimana fitur itu bergerak dan berubah. Kompresi seperti ini ratusan kali lebih efisien daripada perekaman sensor kamera dan itulah yang membuat streaming video menjadi dimungkinkan.

VP9 selain menggunakan blueprint dasar yang sama dengan codecs yang ada sebelumnya, tim WebM telah menambahkan pengembangan ke dalam VP9 untuk meningkatkan kualitas pada setiap byte video. Sebagai contoh, enkoder memprioritaskan fitur-fitur penajaman gambar, dan codec kini menggunakan transformasi asimetrik untuk membantu scene yang paling rumit sekalipun tetap terlihat mulus dan tidak terkotak-kotak.

Gambar berikut adalah sedikit contoh perbandingan antara VP9 dan H.264

vp9-bitrate

Memberikan Kualitas bagi Pengguna

Format terbaru ini membuat semua orang menjadi lebih dekat ke tujuan yang diinginkan, yakni video berkualitas tinggi dan bebas buffer. Ini berarti koneksi internet anda yang sebelumnya hanya dapat menjalankan maksimal 480p video YouTube, kini sudah dapat memainkan dengan lancar video 720p dengan format VP9

VP9 juga memberikan keuntungan bagi mereka yang memiliki keterbatasan bandwidth atau perencanaan data yang mahal. Dengan memotong bitrate hingga setengahnya, ia secara dramatis meningkatkan jumlah pengguna yang dapat menonton video 360p tanpa meningkatkan rebuffering atau biaya.

ld-sd

Membuka Pintu ke 4K

Sementara untuk mereka yang tidak pernah merasa cukup dengan jumlah pixel yang tersedia, maka VP9 membuka pintu ke dunia video 4K. Pada ukuran video yang lebih besar, VP9 sesungguhnya lebih efisien dibandingkan pendahulunya, sehingga konten 4K kini dapat distreaming ke lebih banyak pengguna YouTube. Jumlah video 4K yang diunggah ke YouTube telah meningkat tiga kali lipat dari tahun lalu, dan VP9 membantu pihak YouTube untuk mengembangkan fasilitas streaming di masa mendatang. Anda dapat menemukan video-video 4K denga search filter, atau melihat beberapa video favorit disini.

Dimana saya dapat menggunakan VP9 ?

VP9 kini dapat digunakan di web browser Chrome, perangkat android seperti Samsung Galaxy S6, TV dan konsol Game dari Sony, LG, Sharp dan lebih banyak lagi. Ada lebih dari 20 mitra perangkat di industri yang meluncurkan produk di tahun 2015 dan masa mendatang menggunakan VP9

Anda dapat mempelajari lebih jauh tentang VP9 di FFMpeg encoding guide atau di halaman Adobe Premier WebM plugin.

[opensource.id]

%d bloggers like this: