Windows Jadi Open Source ? Itu Mungkin !!

winoss-16-9-large-2ac8ec307d8296c7

Dalam konferensi teknis di Amerika Serikat, Mark Russinovich, seorang pekerja Microsoft dan juga CTO Azure, mengatakan bahwa publikasi kode sumber Windows bukanlah sesuatu yang tidak dimungkinkan.

Mark Russinovic

Mark Russinovic

Mark Russionovich mengatakan hal tersebut pada saat menjawab pertanyaan dalam ChefConf 2015 tentang apakah Windows akan dirilis dalam bentuk perangkat lunak Open Source. Dia menjawab,”Hal itu sangat dimungkinkan”.

ChefConf sendiri adalah konferensi bagi para pengembang dan administrator web. Organizer acara tersebut, firma Chef, mengembangkan perangkat lunak sistem otomasi manajemen konfigurasi (Automated Configuration Management System)

Konferensi tersebut menghadirkan Russinovich pada hari Rabu lalu dalam diskusi bertajuk “Have your Bets on Open Paid off” sebagai bagian dari anggota panel. Peserta diskusi berdebat tentang apa yang bisa diperoleh dari keterbukaan teknologi suatu perusahaan. Para audiens terdiri sebagian besar dari pengguna solusi open source, dan hanya ada satu administrator yang benar-benar menggunakan Windows secara ekslusif.

Kenyataan menunjukkan semenjak pernyataan Ballmer yang menyebutkan bahwa Open Source adalah kanker, justru mulai banyak menimpa Microsoft sendiri. Untuk beberapa perusahaan dan universitas tertentu, kode sumber Windows kini sudah tersedia. Microsoft juga berkontribusi di baris-baris kode di modul Hyper-V juga dalam baris-baris kode di kernel Linux. Perusahaan tersebut juga akhirnya merilis framework .NET dibawah sebuah lisensi permisif.

Meskipun demikian, kita tidak dapat menginterpretasi tiga kata dari Mark Russinovich itu lebih jauh. Seorang mantan pimpinan Sysinternal tidak dapat berbuat banyak pada Windows. Ranah yang mereka gawangi adalah layanan cloud computer perusahaan tersebut (Microsoft). Tapi setidaknya itu adalah sebuah informasi kecil bahwa bisa jadi Microsoft akan merisi kode sumber Windows pada suatu waktu di masa depan, meskipun bukan untuk semua orang dan secara sukarela.

%d bloggers like this: