Dari Jejaring Sosial ke Jejaring Pasar (1)

shutterstock_173525351

shutterstock_173525351

Oleh : James Currier

img_team_james

Co – Founder & CEO @ Ooga Labs

Bagian 1 dari 2 Tulisan

Banyak yang tidak tahu, bahwa bulan lalu sebuah perusahaan dengan pekerja 35 orang di San Fransisco yang bernama HoneyBook mendapatkan investasi Seri B* sebesar 22 juta US$.

Apa yang tidak biasa tentang itu ? Karena semua pemodal terkenal di Silicon Valley berebutan untuk berinvestasi ke bisnis tersebut. HoneyBook adalah contoh utama tentang pentingnya merancang kategori baru perusahaan digital yang mengkombinasikan jaringan seperti Facebook dengan tempat jualan/pasar seperti Airbnb – ini kami sebut kemudian sebagai sebuah jejaring pasar.

Jejaring pasar akan menghasilkan kelas baru perusahaan-perusahan unicorn dan memberikan dampak nafkah yang besar kepada jutaan pekerja dan layanan profesional.

Apa itu Jejaring Pasar ?

Pasar atau “Marketplaces” menyediakan transaksi antara berbagai pembeli dan penjual — seperti eBay,Etsy, Uber dan LendingClub.

Jejaring atau “Networks” menyediakan profil yang menunjukan identitas seseorang, lalu memperkenankan mereka berkomunikasi dengan sebuah pola 360 derajat dengan orang-orang lain di jaringan tersebut. Inilah yang dilakukan Facebook, Twitter dan LinkedIn.

Apa yang unik dari jejaring pasar adalah :

  • Mengkombinasikan kedua elemen utama jejaring dan pasar
  • Menggunakan perangkat lunak dengan alur SaaS untuk berfokus pada proyek jangka panjang, bukan sekedar transaksi cepat.
  • Mempromosikan penyedia layanan sebagai individu yang berbeda, membantu terbentuknya hubungan jangka panjang.

currier1

Sebagai contoh untuk membantu memahami, mari kita lihat kembali HoneyBook, sebuah jejaring pasar untuk industri acara.

Sebuah perencana acara (event planner) membuat profil di HoneyBook.Com. Profil tersebut berlaku sebagai markas profesional mereka di web. Dia menggunakan alur SaaS (Software as a Service) untuk mengirimkan proposal self-branded ke para klien dan menandatangani kontrak secara digital.

Mereka lalu terhubung dengan para profesional lain untuk proyek yang mereka peroleh, seperti perangkai bunga dan fotografer. Mereka juga mendapatkan profil para profesional lain itu di HoneyBook, dan semuanya kemudian membentuk tim untuk melayani klien, masing-masing mengirimkan proposal, menandatangani kontrak dan dibayar oleh pihak satu dan yang lain.

currier2

Pola transaksi banyak-ke-banyak (many-to-many) adalah kuncinya. HoneyBook adalah pasar di sisi-N – dengan transaksi yang terjadi dalam pola 360 derajat seperti pada jejaring. Itu yang kemudian menjadikan HoneyBook, pasar sekaligus jejaring.

Sebuah jejaring pasar seringkali dimulai dengan membangun jaringan para profesional yang sudah ada secara offline. Banyak dari mereka yang sudah bertransaksi sebelumnya lewat fax, cek, paket lewat tengah malam serta panggilan telepon

Dengan memindahkan koneksi dan transaksi tersebut ke dalam perangkat lunak, sebuah jejaring pasar dapat secara signifikan lebih memudahkan para profesional untuk mengoperasikan bisnis dan klien mereka untuk mendapatkan layanan yang lebih baik.

Bersambung [opensource.id]

%d bloggers like this: