Digital Bank Alibaba Online untuk Rakyat Kecil di Cina

139477700

139477700

Anda mungkin tahu bahwa Alibaba adalah bisnis e-commerce raksasa di China dan berhasil memecahkan rekor IPO di Amerika Serikat tahun lalu. Tapi ada satu hal yang berbeda dari perusahaan yang berbasis di Hangzou tersebut, dan salah satunya adalah minggu ini mereka meluncurkan suatu Bank Online.

MYbank – Bank yang didirikan oleh Alibaba dibuka Kamis, 26 Juni 2015 dengan janji menyediakan layanan untuk “rakyat kecil”. Semua layanan bersifat digital, tidak punya cabang secara fisik, tetapi buka 24/7. Bertujuan untuk melakukan sedikit perubahan pada sistem bank yang sekarang ada – membantu Usaha Kecil dan Menengah yang bertujuan untuk mengatasi masalah finansial terkait pinjaman dan layanan lainnya, terutama di area pedesaan yang memiliki masalah akses ke bank.

“Menjawab kebutuhan mereka yang memiliki keterbatasan akses ke layanan finansial di China adalah misi kami,” demikian ungkap Eric Jing, Presiden Ant Financial – afiliasi Alibaba yang juga menyokong keberadaan Bank ini.

“MYbank ada disini untuk memberikan pinjaman yang terjangkau untuk usaha kecil dan menengah, dan kami ada disini untuk memberikan layanan perbankan, bukan untuk orang kaya tetapi untuk rakyat kecil”,tambah Jing yang juga merupakan kepala eksekutif MYbank.

Pada tahap awalnya, bank tersebut menargetkan membayarkan sekitar 5 juta RMB atau sekitar 800.000 US$ kepada UKM, perusahaan, wirausahawan dan para konsumen – meskipun masihlah dibutuhkan lampu hijau dari otoritas setempat sebelum mereka dapat mencairkan keseluruhan dana sebesar 4 miliar RMB(sekitar 640 juta US$) yang mereka miliki.

Pihak bank percaya mereka dapat menghemat dengan memotong proses-proses dan sistem mahal seperti yang selama ini dipakai oleh bank konvensional. Sebagai contoh, MYbank menggunakan cloud computing bukan sistem IT internal, yang membuat mereka cukup mempunyai 300 orang staf saja.

MYbank juga memiliki potensi mengganggu, terutama dengan adanya nama Alibaba dan merek-merek lain di Cina, tetapi Jing mengatakan bahwa pihaknya juga akan bekerjasama dengan bank-bank konvensional lain pula.

“Usaha kecil dan menengah mungkin tidak akan menjadi klien kami di masa depan manakala bisnis mereka tumbuh dan melewati batas kemampuan kami. Dan kami akan tetap merekomendasikan  klien kami untuk mencari solusi finansial bank tradisional lainnya” tambahnya.

Alibaba bukanlah satu-satunya perusahaan Cina yang berpindah ke layanan perbankan. Tencent, kreator aplikasi yang booming WeChat, mulai melakukan plotting WeBank, yang merupakan bank digital China pertama pada awal Januari tahun ini.

Layanan finansial dari pihak Ant lainnya termasuk Alipay, layanan pembayaran yang memiliki proses pembayaran tiga kali lebih besar dari PayPal. Mereka juga memiliki layanan pinjaman dan platform investasi online Yu’e Bao. Ant Financial, yang sebelumnya dikenal dengan nama Alipay, mulai memisahkan diri dari Alibaba sebelum perusahaan itu masuk ke dalam daftar blockbuster di Amerika Serikat dan melakukan go public di China dalam dua tahun ke depan. [opensource.id]

%d bloggers like this: