Google Akan Akhiri Dukungan ADT di Eclipse

studio-logo-e1435478005634-300x203

Screen-Shot-2014-12-08-at-14.27.40

Hal yang sudah banyak diprediksikan semenjak Android Studio diluncurkan pada tahun 2013 yang lalu. Kini Google telah mengumumkan akan mengakhiri dukungan resmi untuk Eclipse pada akhir tahun ini. Ini secara khusus termasuk plugin Eclipse ADT (Android Developer Tools) dan Ant build system

Selama beberapa tahun terakhir, tim kami telah berfokus meningkatkan pengalaman pengembangan pembuatan aplikasi Android dengan Android Studio. Semenjak peluncuran Android Studio, kami telah dikejutkan dengan banyaknya ketertarikan dan timbal balik yang positif. Dikarenakan Android Studio IDE memberikan anda akses ke seperangkat alat yang kuat dan komprehensif untuk mengembangkan aplikasi anda di platform Android, entah itu di telepon, jam tangan, mobil atau TV.

Kembali ke masa saat dirilis, Android Studio menerima berbagai reaksi. Ada yang menyukai fitur-fitur barunya dan melihatnya sebagai sesuatu yang menjanjikan untuk terus digunakan, ada pula yang lebih senang tetap menggunakan Eclipse dikarenakan dokumentasi masalah yang lengkap dan merupakan akumulasi kerja komunitas.

Meski demikian, Google telah menjanjikan memberikan platform yang kokoh untuk para pengembang aplikasi, dengan Android Studio yang matang, stabil dan dapat diandalkan. Terlebih lagi Google akan memigrasi perangkat performa mandiri yang lain seperti DDMS dan TraceViewer ke Android Studio, bersama dengan dukungan tambahan pengembangan untuk Android NDK, jadi mungkin akan semakin sedikit alasan untuk menggunakan Eclipse dibandingkan Android Studio.

Jika anda adalah seorang fanatis Eclipse, anda tetap dapat mengggunakannya meskipun dukungan sudah berakhir.

Perangkat Android yang ada di dalam Eclipse akan tetap hidup dibawah komunitas Open Source dibawah Eclipse Foundation. Silahkan periksa proyek Andmore jika anda tertarik untuk berkontribusi atau belajar.

Atau anda dapat juga berpindah ke Android Studio.

Jika anda ingin berkontribusi ke Android Studio, anda juga dapat mengunjungi kode sumber proyek. Dan ikuti pula updatenya di  OpenSource.Id [opensource.id]

%d bloggers like this: