Infrastruktur Cloud yang Terus Meledak

AAEAAQAAAAAAAAIHAAAAJDFlODUwYjgxLTE4MmUtNDExMC1iNWM0LWMyZTg4ZTYzNGFjNA (1)

Ada ledakan jumlah yang luar biasa di sektor cloud computing. Seiring dengan akselerasi pertumbuhan, para pemain utama cloud berlomba menambah kapasitas data center untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan yang ada.

Trend ini menjadi headline minggu lalu. Dalam rentang beberapa jam kemudian, tiga dari pemain internet terbesar di dunia mengumumkan rencana mereka untuk membangun lima data center baru di seluruh dunia. Berikut ringkasannya :

  • Google menambah data center baru di Singapura dan Atlanta. Di kedua kota itu, proyek tersebut merupakan pengembangan dari Google campus yang ada. Di Singapura, Google menginvestasikan  $380 juta untuk membangun data center baru di Jurong. Perusahaan tersebut juga mengalirkan 300 juta US$ untuk melebarkan satu dari area campus Atlanta, demikian dilaporkan oleh media setempat, dimana pengumuman resmi dilakukan pada tanggal 3 Juni yang lalu.
  • Facebook  telah mengkonfirmasi rencana untuk membangun gedung  data center ketiga di kampus mereka di Altoona, Iowa yang tampaknya akan menjadi ladang server terbesar milik perusahaan itu. Altonna akan menjadi lokasi pertama facebook untuk menempatkan tiga gedung data center, demikian diungkap oleh perusahaan tersebut. Kampus-kampus mereka di Oregon dan North Carolina masing-masing memiliki luas data center setara kapal induk yakni 350.000 kaki persegi, termasuk fasilitas pendingin.
  • Microsoft telah menyampaikan bahwa mereka akan melebarkan data center ke Kanada, menambah data center di Toronto dan Quebec City,” Segera Microsoft Cloud akan menjadi Canadian,” demikian ujar Kevin Turner, Worldwide Chief Operating Officer Microsoft, yang baru saja berkunjung ke Toronto untuk menyampaikan pengumuman tersebut.

Satu hari, lima data center. Begitu ramai pengumuman tentang penambahan infrastruktur cloud.

Itu belum termasuk konfirmasi Amazon yang sudah lama dinanti, dimana mereka akan menginvestasikan 1,2 miliar dollar untuk membangun tiga data center di tengah-tengah Ohio. Atau rencana Facebook menyewa area baru di Ashburn.

Era perang layanan Cloud pun tampaknya sudah dimulai [opensource.id]

%d bloggers like this: