Nuclide Facebook kini Open Source

Nuclide

Diumumkan tiga bulan lalu saat konferensi pengembang F8, Facebook kini telah menjadikan kode Nuclide IDE milik mereka menjadi OpenSource. Nuclide berbasis Atom, dengan tambahan sejumlah paket tanpa merubah apapun pada inti program yang tersimpan di GitHub.

Nuclide adalah perangkat pengembangan bagi mereka yang menggunakan teknologi-teknologi Facebook : PHP, Hack, JavaScript, dan Flow. Disamping mengintegrasikan teknologi-teknologi ke dalam satu IDE, Nuclide menawarkan dukungan untuk pengembangan secara remote dengan mengkoneksikan server via SSH. Server ada dalam paket Node.js yang diintegrasikan dengan Watchman, yang memonitor modifikasi-modifikasi file. Selain itu pengembangan secara lokal juga dimungkinkan.

Sebagaimana yang diharapkan, Nuclide menyediakan dukungan untuk pengembangan Hack termasuk highlighting syntax dan error, autocomplete, linting, type checking dan go-to-definition. Beberapa dari fitur ini juga mendukung pengembangan PHP, JavaScript dan Flow.

Semenjak Facebook menggunakan Mercurial sebagai revision control system utama mereka, adalah hal yang tidak mengejukan jika Nuclide juga terintegrasi dengan Mercurial. Perubahan di kode ditandai pula dengan warna tertentu di editor.

Roadmap perangkat tersebut menyertakan dukungan untuk pengembangan iOS dan integrasi dengan React dan React Native. Facebook cenderung untuk menjadikan Nuclide sebagai perangkat untuk pilihan teknologi lain yang mereka gunakan : Buck, Infer, Relay dan GraphQL. Dukungan untuk debugging pun saat ini sedang direncanakan. [opensource.id]

%d bloggers like this: