PayPal dan eBay Mulai Berbisnis Secara Terpisah Bulan Depan

John Donahoe of eBay (Photo by Brian Ach/Getty Images for TechCrunch) John Donahoe of eBay (Photo by Brian Ach/Getty Images for TechCrunch)

PayPal dan eBay secara resmi berpisah dan akan memulai bisnisnya sebagai perusahaan sendiri-sendiri mulai bulan depan.

Pada hari Jumat yang lalu, jajaran direktur eBay menyetujui pemisahan secara total dari PayPal. Setelah 17 Juli mendatang, PayPal dan eBay akan berfungsi sebagai dua perusahaan publik yang terpisah. Hari pertama perdagangan reguler diharapkan dapat dilakukan kedua perusahaan itu pada tanggal 20 Juli mendatang. Demikian keterangan resmi pers dari perusahaan tersebut.

John Donahoe, presiden dan CEO eBay, mengatakan, bahwa pemisahan ini akan membuat PayPal dan eBay “memiliki fokus yang lebih tajam dan fleksibilitas yang lebih baik untuk menghadapi kesuksesan masa depan di pasar perdagangan dan pembayaran global”

John Donahoe of eBay (Photo by Brian Ach/Getty Images for TechCrunch)

John Donahoe of eBay (Photo by Brian Ach/Getty Images for TechCrunch)

Setelah pemisahan resmi tersebut, para pemegang saham eBay akan menerima satu bagian dari saham umum PayPay untuk setiap saham eBay yang mereka miliki sebelum 8 Juli. Saham umum PayPal akan didistribusikan pada 17 Juli mendatang. PayPal akan terdaftar di pasar saham dengan simbol “PYPL”, sementara eBay melanjutkan perdagangan dengan simbol “EBAY”.

“Saya yakin eBay dan PayPal masing-masing memiliki kepemimpinan yang bagus, strategi, struktur dan disiplin operasional untuk membuat nilai yang suistainable, jangka panjang untuk seluruh pemegang saham dan memberikan kesempatan dan pengalaman yang besar bagi kustomer di seluruh dunia,” demikian tambah Donahoe.

Kedua perusahaan menghasilkan nilai yang cukup besar pada tahun 2014. Tahun lalu, eBay mendapatkan penghasilan 8 miliar US$, sementara PayPal memperoleh 8 miliar US$ pada tahun 2014. Dan Schulman sendiri akan terus memimpin PayPal sebagai chief executive. [opensource.id]

%d bloggers like this: