Pride Study, Aplikasi yang Ditujukan untuk Masalah Kesehatan LGBT

Combo Flag

Combo Flag

Suatu aplikasi ResearchKit digunakan untuk melakukan survey orang-orang dari komunitas LGBT terkait kesehatan seperti HIV/AIDS, rokok, masalah mental, kegemukan, depresi dan kanker.

Peneliti dari University of California baru saja menyelesaikan aplikasi untuk iPhone yang ditujukan untuk masalah-masalah kesehatan LGBT. Dinamakan Pride Study, aplikasi ResearchKit ini digunakan untuk melakukan survey orang-orang dari komunitas LGBT terkait kesehatan seperti HIV/AIDS, rokok, masalah mental, kegemukan, depresi dan kanker.

Dengan tujuan untuk mengetahui lebih jauh terkait kesehatan para transgender dan biseksual, layanan ini sebenarnya sudah dikenalkan pada event Apple “Spring Forward” bulan Maret yang lalu.

Para ahli baru-baru ini menggunakan framework open-source ResearchKit untuk membangun aplikasi yang terkait dengan penyakit kardiovaskular, Parkinson, asma, diabetes dan kanker payudara dengan bantuan informasi yang dikumpulkan dari sensor iPhone dan survey para penggunanya.

Memotivasi orang-orang untuk terlibat dalam penelitian medis tersebut dan membawa mereka ke klinik tidaklah mudah, dengan aplikasi ini diharapkan mereka dapat memberikan informasi melalui iPhone. [opensource.id]

%d bloggers like this: