Proyek Open Container : Container untuk Semua

docker1-a698aeebb43c6cc1 (1)

Di bawah arahan Linux Foundation, Docker, CoreOS, IBM, Red Hat, Microsoft , AWS dan beberapa lainnya bergabung bersama untuk membangun standar open industry untuk format container yang cocok di lingkungan runtime mereka.

Setelah CoreOS selama beberapa bulan terakhir dengan pendukung seperti Red Hat dan VMWare bekerja membangun Docker, suatu engine kontainer alternatif, para kompetitor itu kini saling mendekat bersama-sama dengan pemain yang lain di industri tersebut untuk membangun standar umum di teknologi kontainer.

Hal-hal yang harus dipastikan adalah bahwa semua format dan engine kontainer berada diatas prinsip-prinsip keterbukaan, keamanaan dan kompatibilitas backward, disamping tingkat interoperabilitas dan portabilias haruslah juga berada dalam jaminan tertentu.

Anggota-anggota pendiri Open Container Project (OCP) adalah Amazon Web Services, Apcera, Cisco, CoreOS, Docker, EMC, Fujitsu Limited, Goldman Sachs, Google, HP, Huawei, IBM, Intel, Joyent, Linux Foundation, Mesosphere, Microsoft, Pivotal, Rancher Labs, Red Hat dan VMware. Basis proyek disediakan oleh format kontainer Docker yang sudah ada, termasuk juga kode lingkungan runtime serta spesifikasi-spesifikasi lain yang terkait. Sebagai tambahan,juga akan dipakai standar Application Container Spec Initiative, yang didirikan salah satunya oleh CoreOS.

Sebagai panduan untuk standar yang harus diterapkan, adalah tidak adanya ketergantungan pada klien tertentu, orchestration stacks, vendor-vendor atau proyek komersial, dan mestilah diungkinkan untuk menghasilkan kontainer pada sistem operasi yang berbeda, beragam arsitektur CPU, beragam sistem cloud, hardware dan semacamnya. Pada akhirnya, harus memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi yang dipaketkan dalam semua lingkungan runtime. [opensource.id]

%d bloggers like this: