RedHat ambil Alih Kepemimpinan OpenJDK 7

java7-5a5d5a60c77cd10c

Sebagaimana OpenJDK 6 tahun lalu, distributor Linux tampaknya akan menjadi pemilik aktif dari dua versi paling akhir dari OpenJDK dan akan terus menyediakan update software reguler dan perbaikan-perbaikan bug untuknya.

Red Hat telah mengambil alih manajemen proyek OpenJDK 7. Dalam proyek ini, fitur-fitur Java yang berakhir di Oracle Java Development Kit versi komersial kembali muncul. Sebagai pimpinan baru dari OpenJDK, distributor Linux menyediakan beragam layanan seperti update reguler software dan perbaikan-perbaikan bug.  Yang paling menarik dari kendali proyek ini di antara hal-hal lain adalah bahwa OpenJDK 7 akan menjadi bagian dari distribusi RHEL (Red Hat Enterprise Linux)

Meskipun Java 8 sudah lebih dari setahun beredar, tetapi banyak perusahaan masih menganggap rilis sebelumnya itu cocok, padahal dipublikasikan terakhir pada tahun 2011. Meskipun demikian, semenjak bulan Mei tahun ini update publik untuk JDK 7 tidak lagi tersedia, maintenance versi Java terdahulu hanya akan dilanjutkan sebagai bagian dari dukungan organisasi yang membayar ke Oracle.

Pergerakan Red Hat ini bukanlah hal yang tidak biasa. Sebelumnya perusahaan tersebut telah mengambil alih penentuan nasib OpenJDK 6 tahun lalu.Dukungan terhadap versi Java yang hampir berusia 8 tahun itu, juga terkait fakta disisi lain terkait jaminan 10 tahun produk-produk terkait. Juga harapan memenuhi target untuk tetap membuat Java tetap Open Source [opensource.id]

%d bloggers like this: