Rilis Tahunan : Eclipse IDE kini tersedia dalam versi 4.5

eclipse5-1c1ac9d0d39bdcc1

Untuk pertama kalinya perangkat installer Eclipse mencapai rilis ke sepuluh. Inovasi terus dibuat untuk menjaga kualitas proyek tersebut serta mencakup berbagai isu seperti Docker.

79 proyek Eclipse dan 380 committers terlibat dalam pengembangan sebelum rilis simultan tahun ini. Ini adalah rangkaian rilis ke sepuluh yang dikemas bersama dengan banyak sekali inovasi guna menjamin keandalannya bagi pengguna IDE tersebut serta proyek-proyek terkait.

Diberikan nama Mars, Eclipse versi 4.5 utamanya berfokus pada kecepatan dan peningkatan kualitas. Hal itu, misalnya, menjelaskan mengapa seluruh paket Eclipse dikemas dalam suatu fungsi pelaporan error otomatis yang melaporkan setiap kesalahan yang terjadi ke tim yang tepat.

Sebagaimana dukungan untuk Java 8 di rilis sebelumnya, Eclipse Luna, rilis ini juga menyediakan update terakhir bagi para pengembang Java, disamping beragam hal lain yang merupakan perbaikan-perbaikan terakhir dari bahasa pemrograman tersebut. Dimungkinkan pula membuat nested project di hirarki Project Explorer. Mereka yang tertarik juga dapat menginstall versi awal dukungan Java-9 dari Eclipse Marketplace.

Luna_Downloads_en-b1e69ce91bea3f92

Diantara berbagai perubahan penting di sub-proyek adalah client API, yang memperkenalkan proyek Jubula untuk membuat studi kasus di Java serta adanya lompatan versi di proyek Sirius. Proyek Sirius utamanya ditujukan bagi fitur-fitur tambahan untuk membuat charts. Ada pula peningkatan dalam query language juga dalam pekerjaan model-model yang besar.

Sebagai tambahan, Eclipse juga memperbaharui perangkat UI monitoring yang berfungsi menyediakan informasi blok UI yang sedang berisi thread pekerjaan, sehingga user interface tersebut secara temporer mengalami freezing.

Pengguna yang ingin menjalankan proyek mereka tidak hanya di lokal saja, tetapi juga di perangkat eksternal seperti Arduino, dapat melirik ke C/C++ Development Tooling (CDT) di Mars.

%d bloggers like this: