Rusia Blokir Internet Archive dan Menyalahkannya Terkait Terorisme

1313131853196115010

1313131853196115010

Pengguna internet di Rusia tidak dapat lagi menjelajahi sejarah internet. Minggu ini, pemerintah Rusia memblokir domain Internet Archive – yang merupakan proyek non profit yang menyediakan perangkat time-warping, Wayback Machine, tanpa batas.

Kremlin memiliki penjelasan sendiri terkait pemblokiran ini. Proyek sensorship yang dijalankan oleh Russian Pirate Party mengklaim bahwa polisi menargetkan halaman domain di archive.org yang disebut “Solitary Jihad in Russia.” Halaman ini sesungguhnya hanya berisikan teks tentang “Teori dan Praktek Perlawanan para Partisan” yang juga menyarankan agar Syariah diterapkan di seluruh dunia.

ISP-ISP yang ada di Rusia tampaknya tidak dapat memblokir satu halaman tersebut saja dikarenakan adanya enkripsi HTTPS yang digunakan oleh Internet Archive, sehingga akhirnya memutuskan untuk memblokir seluruh domain.

Sensorship ini cukup mengejutkan. Putin dan para komradnya telah menjalankan sensorship internet lebih agresif dalam beberapa bulan terakhir, termasuk pemblokiran meme. Baru saja pula bulan lalu, otoritas media Rusia, Roskomnadzor, memperingatkan perusahaan-perusahaan seperti Facebook, Google dan Twitter dengan ancaman bahwa domain mereka bisa saja di blacklist jika menolak memberikan sekitar 3.000 identitas asli para pengguna mereka.

Hal ini tentu saja merupakan sesuatu yang buruk, terutama semenjak Twitter baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka “menolak beberapa permintaan untuk membungkam kritik ke pemerintah Rusia dan permintaan lain untuk membatasi pembicaraan tentang demonstrasi tanpa kekerasaan di Ukraina”

Russia dikenal memiliki kesukaan menulis sejarah edisi revisi mereka sendiri. Dan, barangkali itu menjadi sedikit lebih mudah dengan pemblokiran ini. [opensource.id]

%d bloggers like this: