Rusia Deklarasikan ReactOS sebagai Alternatif Pengganti Windows

reactos-0252fa05af9fa5e7

ReactOS kini benar-benar dipromosikan menjadi alternatif Windows di Rusia. Pengembangnya, saat ini, sedang menyiapkan ReactOS Hackfest yang pertama, sementara versi OS itu sendiri yang akan datang adalah versi 0.4.0

Setelah aksi Menteri Komunikasi Rusia Nikolay Nikiforov baru-baru ini diantara negara-negara BRICS yakni Brazil, Russia, India, China dan Afrika Selatan terkait upaya untuk melepaskan diri dari ketergantungan pada sofware impor, Rusia terdorong untuk mengumumkan daftar kemungkinan opsi yang diambil.

Dan sebagai bagian dari program nasional untuk menjamin terjadinya pertumbuhan ekonomi, maka dimulailah promosi proyek-proyek Open Source. Satu diantaranya adalah mempromosikan distribusi Linux yang dikembangkan oleh perusahaan Rusia, yakni ReactOS project sebagai alternatif Windows. Walaupun hal ini tampak tidak jelas pada awalnya, karena Rusia sendiri sudah memulai program  software-software alternatif lebih dari satu dekade yang lalu.

reactos1-860a51b0b9c685b4

 

reactos4-ef537f1b13393811

Meskipun proyek ReactOS semenjak integrasi dukungan dasar untuk NTFS dilaporkan mengalami beberapa masalah, tetapi pengembang mengatakan bahwa mereka tidak tinggal diam. “Lebih dari 750 laporan bug yang berasal dari komunitas sudah diproses, yang sekaligus membawa perkembangan signifikan pada kompatibilitas perangkat lunak tersebut”, demikian ungkap pengembang ReactOS Collin Finck. Secara umum, emulasi OS dalam hal menjalankan aplikasi 16-bit (NTVDM) dan dukungan Java telah jauh berkembang lebih baik.

Sehingga dengan ReactOS terkini kita tidak hanya dapat menjalankan rutin instalasi Oracle Java Runtime Environment, tetapi juga dapat menjalankan perangkat lunak desktop yang sangat tua seperti FreeGEM atau aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sangat berat semacam Skype. ReactOS juga kini mendukung file system UDF untuk membaca media optikal.

Pendanaan Tambahan yang Membuahkan Hasil

Hasil pertama juga mulai tampak dari pendanaan tambahan yang berhasil diperoleh dari eV setelah kampanye fundraising yang sukses di Indiegogo tahun lalu oleh Asosiasi ReactOS Jerman. Dengan selesainya Explorer baru dan dibangunnya Shell32 dari scratch dengan Theme yang mendukung surface acts, sistem kini lebih segar, dan secara umum tampilan Explorer juga lebih nyaman digunakan,”demikian ungkap Finck. Kini dia mulai bekerja memperbaiki printer stack yang diharapkan selesai pada Desember 2015 mendatang, sebagai bagian dari fitur di versi 0.4.0

Belum Ada Rencana Tanggal Rilis Berikutnya

Tanggal spesifik untuk rilis terbaru ReactOS dengan seluruh fitur baru yang ada di roadmap belumlah dimunculkan, tetapi proyek tersebut diupdate secara berkala setiap hari secara otomatis dan siap untuk diunduh. Para pengembang ReactOS sendiri, mengklasifikasi rilis menjadi daily builds dan rilis sebelumnya dalam versi alpha dan ditujukan hanya untuk pengujian.

Langkah berikutnya dalam pengembangan, adalah komunitas ReactOS berharap Hackfest ReactOS pertama, yang akan diselenggarakan di Aachen dari tanggal 7 hingga 12 Agustus mendatang dapat terlaksana dengan baik. Menurut organizernya, lebih dari setengah pengembang aktif ReactOS telah terdaftar. Berdasarkan rencana yang ada, peningkatan dukungan hardware di ReactOS dan pekerjaan untuk versi berikutnya, yakni versi 0.4.0 akan menjadi fokus event tersebut. [opensource.id]

%d bloggers like this: