Dari Jejaring Sosial ke Jejaring Pasar (2)

currier3

shutterstock_173525351

Oleh : James Currier

img_team_james

Co – Founder & CEO @ Ooga Labs

Bagian 2 dari 2 Tulisan

Kita Sudah Pernah Melihat Hal ini Sebelumnya

AngelList juga adalah sebuah jejaring pasar. Saya tidak tahu apakah mereka adalah yang pertama, tetapi Naval Ravikant dan Babak Nivi berhak atas penghargaan untuk memulai model tersebut pada tahun 2010.

Di AngelList, polanya sama. CEO suatu startup dapat melengkapi proposal pendanaannya lewat alur SaaS AngelList, lalu setiap orang di jaringan dapat menawarkan kerjasama, merekrut pegawai dan mencari kustomer dengan pola 360 derajat.

Joist adalah contoh lain yang bagus. Berbasis di Toronto, mereka menyediakan jejaring pasar untuk remodel rumah dan industri konstruksi. Houzz juga ada di wilayah itu, dengan jangkauan yang lebih luas dan pendekatan yang berbeda. DotLoop di Cincinnati menunjukkan pola yang sama untuk industri broker real estate.

Mengamati AngelList, Joist, Houzz, DotLoop dan HoneyBook, pola jejaring pasar dapat anda lihat.

currier3

Enam Ciri Kesuksesan Jejaring Pasar

Jejaring Pasar menargetkan layanan yang lebih kompleks. Dalam enam tahun terakhir, industri teknologi telah terobsesi pada pasar tenaga kerja on-demand untuk transaksi cepat pada semua layanan sederhana. Perusahaan-perusahaan seperti Uber, Mechanical Turk, Thumbtack, Luxe dan banyak lagi membuat pembelian suatu layanan sederhana menjadi efisien. Kualitasnya ditentukan secara objektif. Kesuksesannya berbasis pada kemampuan menjadikan orang-orang pada kedua sisi pasar sebagai komoditas.

Bagaimanapun, layanan dengan nilai yang paling tinggi – seperti perencana acara dan remodelling rumah – tidaklah sederhana dan tidak pula dapat dinilai secara objektif. Mereka bersifat terlibat lebih banyak dengan jangka waktu yang panjang. Jejaring pasar dirancang untuk jenis layanan seperti ini.

People matter. Dengan layanan yang kompleks, setiap klien bersifat unik, dan para profesional menjadi penting. Apakah anda ingin menyerahkan penyelenggaraan pernikahan anda kepada sembarang orang ? Atau mempercayakan remodeling rumah anda kepada siapa saja ? Orang-orang pada kedua sisi di persamaan ini tidak dapat ditukar seperti di Lyft atau Uber. Setiap orang memiliki opini, pengalaman dan hubungan yang unik pada transaksi. Sebuah jejaring pasar dirancang untuk mengetahui kebutuhan utama – dan kemudian menyediakan solusinya.

currier4

Kolaborasi terjadi di seputaran proyek. Untuk kebanyakan layanan yang komplek, para profesional berkolaborasi diantara mereka – dan dengan klien – dalam jangka waktu tertentu. SaaS pada pusat jejaring pasar berfokus pada kegiatan di proyek yang dapat memakan waktu berhari-hari hingga bertahun-tahun.

Jejaring Pasar membantu membangun hubungan jangka panjang. Jejaring pasar membawa kelayakan karir dari para profesional terkoneksi secara online dan membuatnya menjadi lebih bermanfaat. Selama bertahun-tahun, jejaring sosial seperti LinkedIn dan Facebook telah membantu membangun hubungan jangka panjang. Akan tetapi, selama belum terbentuk jejaring pasar, hubungan tersebut tidak bermanfaat untuk perdagangan dan transaksi.

Rujukan Mengalir dengan Bebas. Dalam industri ini, rujukan adalah emas, baik bagi klien maupun para penyedia layanan profesional. Software jejaring pasar dirancang untuk membuat proses perujukan menjadi lebih sederhana dan lebih banyak.

Jejaring Pasar meningkatkan kecepatan dan kepuasan transaksi. Dengan menempatkan para profesional dan klien ke dalam suatu perangkat lunak, jejaring pasar meningkatkan kecepatan transaksi untuk semua orang. Dia juga meningkatkan keberhasilan proposal dan penerimaan pembayaran. Perangkat lunak tersebut juga dapat meningkatkan nilai kepuasan pelanggan, mengurangi miskomunikasi dan membuat kerja menjadi lebih menyenangkan dan indah. Jangan pernah menganggap remeh kenyamanan dan keindahan.

Jejaring Sosial adalah 10 Tahun Terakhir. Jejaring Pasar adalah 10 Tahun Berikutnya.

Pertama, kita memiliki jejaring komunikasi, seperti telepon dan email. Lalu kita punya jejaring sosial, seperti Facebook dan LinkedIn. Kini kita memiliki jejaring pasar, seperti HoneyBook, AngelLis, Houzz, DotLoop dan Joist.

Anda dapat bayangkan jejaring pasar untuk setiap industri dimana para profesional tidak tergantikan : hukum, travel, real estate, media produksi, arsitektur, investasi perbankan, keuangan personal, konstruksi, konsultasi manajemen dan banyak lagi. Setiap jejaring pasar akan memiliki ciri yang berbeda untuk bisa bekerja secara vertika, tetapi prinsip-prinsipnya tetap sama.

Seiring waktu, hampir semua profesional independen dan klien-klien mereka akan melakukan bisnis lewat jejaring pasar industri mereka. Kita baru melihat permulaannya saja saat ini.

Jejaring pasar akan memiliki dapat positif yang masif pada bagaimana jutaan orang bekerja dan hidup, bagaimana ratusan juta orang mendapatkan layanan yang lebih baik.

Saya berharap lebih banyak enterpreneur yang akan mencurahkan pandangan mereka dalam membangun bisnis ini. Ini masalah waktu. Memang sulit mencari produk yang tepat, tetapi potensi hasilnya besar.

* Disclosure: Penulis adalah penasehat dan/atau investor di  HoneyBook, Houzz dan AngelList.

%d bloggers like this: