Debut VirtualBox ke-5

virtualbox_5

virtualbox_5

Setelah melewati proses Beta, Hypervisor desktop VirtualBox Oracle merilis versi kelima-nya.

VirtualBox versi empat sendiri diluncurkan pada tahun 2010, sebelum pada bulan April Oracle memutuskan untuk melakukan peluncuran versi baru dengan beberapa perbaikan penting. Keputusan tersebut menghasilkan empat versi beta dan tiga kandidat rilis dalam waktu singkat, sebelum akhirnya dirilis versi penuhnya pada hari Kamis yang lalu.

Produk tersebut tampaknya tidak memiliki penambahan fitur-fitur baru yang signifikan selama periode beta. Beberapa fitur utama diantaranya adalah :

  • Dukungan Paravirtualization untuk guest Windows dan Linux : Peningkatan yang signifikan pada performa OS guest dilakukan dengan menambah dukungan virtualisasi built-in pada sistem operasi seperti Oracle Linux 7 dan Microsoft Windows 7 atau yang lebih baru.
  • Peningkatan Utilisasi CPU : Penambahan serangkaian instruksi CPU yang lebih luas kepada OS guest, membuat aplikasi dapat menggunakan serangkaian instruksi perangkat keras terkini untuk mendapatkan performa terbaik.
  • Dukungan Perangkat USB 3.0: OS guest dapat secara langsung mengenali USB 3.0 dan mengoperasikannya dengan kecepatan penuh. OS Guest juga dapat dikonfigurasi menggunakan dukungan USB 1.1 dan 2.0
  • Dukungan Bi-Directional Drag and Drop untuk Windows: Untuk semua platform host, baik itu Windows, Linux dan Oracle Solaris, OS guest kini mendukung “drag and drop” konten antara host dan guest. Fitur drag and drop ini membuat kita dapat melakukan copying dan opening file, direktori dan lain-lain secara lebih mudah.
  • Disk Image Encryption: Data dapat dienkripsi di image virtual hard disk secara lebih mudah saat runtime, menggunakan algoritma AES standar industri dengan kemampuan hingga 256 bit data encryption keys (DEK). Ini membantu menjamin data aman dan terenkripsi sepanjang waktu, termasuk saat VM tidak digunakan di dalam mesin atau server pengembang maupun saat aktif digunakan

Semua penambahan itu adalah sesuatu yang bagus dan disambut baik oleh para pengembang, sysadmin dan para hobbyis. Tapi tidak ada yang tampaknya akan mendorong perlombaan baru di dunia hypervisor desktop. Pemain lain seperti VMWare sebagaimana yang kita ketahui telah memberikan sinyal untuk menambah sesuatu pada produk Workstation dan Fusion mereka. Begitu juga Parallel sudah menambah bagi pengguna Mac yang Windows-tolerant sebuah alternatif untuk BootCamp. [opensource.id]

%d bloggers like this: