Distro NAS Open Media Vault 2.1 dirilis

omv-ce575f54235ab967

omv-ce575f54235ab967

Open Media Vault adalah distribusi Linux berbasis Debian dengan antarmuka konfigurasi berbasis web untuk PC apa saja yang akan digunakan sebagai network storage.

Pengembang Distribusi NAS Open Media Vault telah merilis versi terbaru, yakni versi 2.1. Fitur khusus pada OMV adalah kompilasi beragam layanan umum NAS dan antarmuka berbasis web sehingga setiap PC apa saja dapat dengan mudah difungsikan sebagai network storage.

Pada versi yang baru ini, antar muka web telah didesain ulang dengan menambahkan suatu perangkat baru. OS itu sekarang juga mendukung konfigurasi enkripsi WPA dan WPA2, serta setting VLAN. Dashboard yang baru juga menyediakan informasi keadaan sistem.

Basis teknis dari OMV 2.1 masihlah tetap Debian 7 (Wheezy). Update ke Debian 8 baru direncanakan pada versi berikutnya. Untuk pengguna dengan perangkat keras yang tidak dapat menjalankan kernel standar lama versi 3.2 yang sudah berusia tiga setengah tahun, pengembang juga menempatkan di  omv-extras.org kernel 3.16 yang lebih baru.

Detail terkait fitur baru terdapat di Catatan Rilis dan Changelog . Open Media Vault 2.1 untuk sistem 32 dan 64 bit sudah siap untuk  diunduh. Update untuk instalasi OVM 1.x menggunakan perintah OMV release upgrade kini dimungkinkan. Apa saja yang ada di sistem dapat dilihat dalam live demo, tapi masih menggunakan OMV 1. [opensource.id]

%d bloggers like this: