Facebook Luncurkan Data Center kelima di Fort Worth, Texas

fort-worth-data-center-rendering

fort-worth-data-center-rendering

Facebook baru saja meresmikan data center mereka yang kelima, berlokasi di Fort Worth, Texas. Seperti hal-hal lain di Facebook, data center ini juga sudah memiliki Facebook Page nya sendiri.

Data center Fort Worth ini melengkapi empat data center sebelumnya di Oregon, Iowa, North Carolina dan Swedia. Seperti pendahulunya di Iowa, data center ini akan ditenagai 100 persen menggunakan energi terbaharukan. Untuk mewujudkan itu, Facebook mengalirkan 200 megawatt energi tenaga angin dari lokasi seluas 17.000 acre yang berjarak sekitar 90 mil dari data center.

Facebook dikenal baik terkait optimalisasi data center sehingga memiliki efisiensi yang tinggi.

Sebagai contoh, adanya rancangan jalur untuk klaster-klaster mesin yang umumnya terlihat di berbagai data center, mereka gantikan dengan single server pods yang semuanya terhubung dengan jaringan berkecepatan tinggi. Dan seperti data center Oregon, data center terbaru ini juga akan didinginkan menggunakan udara luar, hal yang juga akan menghemat biaya listrik.

10734294_775986955823316_1197403205_n

Facebook mengatakan bahwa semua rancangan infrastruktur yang efisien ini membantu perusahaan tersebut menghemat biaya lebih dari 2 miliar US$ dalam tiga tahun terakhir.

Seperti data center-data center Facebook sebelumnya, rancangan lokasi Fort Worth akan dibuat open source melalui Open Compute Project. [opensource.id]

%d bloggers like this: