Intel Miliki Sangat Banyak Pengembang Stack Grafis

image

Intel_Inside_Logo.svg

Oleh : Michael Larabel

l69_xgv0

Di tahun 2013, kita mendengar bahwa Intel memiliki 20 hingga 30 orang pengembang penuh waktu yang bekerja dalam tim driver grafis Linux mereka. Semenjak itu, kita hanya mengetahui kalau Intel terus merekrut pengembang baru. Artikel ini akan mencoba memperkirakan berapa jumlah mereka saat ini ditilik dari aktivitas emailnya.

Di tahun 2013 kita juga mendengar tim Intel Mesa tumbuh 10 kali lipat dalam tiga tahun. Mereka tidak berhenti merekrut, bahkan kita mendengar dalam beberapa bulan Intel menambah lagi orang ke dalam grup yang berada di Intel Open-Source Technology Center tersebut. Dalam beberapa bulan terakhir mereka juga merekrut seorang pengembang driver Nouveau juga seorang mantan pengembang Ubuntu.

image

Jumlah karyawan didalam grup yang ada di Intel – sebagaimana juga di perusahaan besar lainnya – cenderung merupakan sebuah rahasia. Tapi, didorong oleh rasa penasaran, saya mencoba menemukan angka terkini. Beberapa waktu lalu saya mencoba membuat sebuah script sederhana untuk men-scan arsip mailing list guna menemukan jumlah total pegawai Intel yang aktif di mailing list tersebut. Tentu saja hal ini bukan sesuatu yang sempurna, karena banyak karyawan Intel yang melakukan komunikasi menggunakan email pribadi mereka, bukan email perusahaan. Beberapa partisipan yang menggunakan domain Intel.com juga kadang hanya terlibat di QA atau berasal dari kelompok kerja yang lain, tetapi setidaknya upaya ini memberikan perspektif yang lebih baik tentang keterlibatan Intel di open-source Linux.

Apa yang saya dapati saat melakuan scanning bulan ini di mailing list intel-gfx (yang merupakan mailing list yang membahas seputar driver grafis open source Intel), ada 31 alamat email berbeda dengan domain intel.com, serta 12 dengan domain linux.intel.com. Jadi ada 40 pegawai intel yang mengirimkan email hanya dalam selang 9 hari di mailing list grafis Linux.

Saat mengumpulkan arsip dari enam bulan terakhir, didapati ada 98 alamat dengan domain intel.com serta 23 email yang menggunakan domain linux.intel.com. Sekali lagi beberapa dari orang-orang Intel tersebut adalah bagian dari tim QA, yang bertugas menjawab pertanyaan, dan sebagian lain merupakan anggota dari kelompok kerja yang berbeda di perusahaan tersebut.

image (1)

Selanjutnya saya mencoba menjalankan script tadi di mailing list dri-devel yang membahas hal-hal lebih umum terkait stack grafis Linux. Selama enam bulan terakhir, ada 27 email berbeda dengan domain intel.com dan 15 alamat dengan domain linux.intel.com, jadi ada 42 rekan yang mengambil bagian di diskusi mailing list DRI.

Dan terakhir di mailing list Mesa (mesa-dev) dalam enam bulan terakhir ada 26 email intel.com dan 6 email linux.intel.com

Dua tahun yang lalu, jumlah seluruh pengembang grafis Intel Linux adalah 20 hingga 30 orang. Berdasarkan pada hitungan aktivitas mailing list, perekrutan terbaru dan faktor-faktor lain, tampaknya saat ini angka tersebut telah berubah menjadi sekitar 30 hingga 50 pengembang. Tentu saja, sebagaimana ditunjukkan di mailing list intel-gfx, banyak pegawai Intel yang merupakan bagian kelompok kerja lain terlibat pula dalam pembicaraan terkait driver open source, entah untuk QA, dukungan dan lain-lain.

Bagaimana kemudian anda menginterpretasi angka-angkat tersebut juga akan terkait dengan aktivitas Intel dan para pengembangnya di LINUX.

Dalam kesempatan lain kita akan melihat bagaimana perbandingan angka tersebut dengan angka dari perusahaan lain dalam hal keterlibatan di pengembangan grafis open source di LINUX.

%d bloggers like this: