“Like and Share” di Facebook Anda Akan Diabaikan Oleh Pengiklan

204633040

204633040

Fitur “like and share” atau “Suka dan Bagikan” di Facebook memberikan anda informasi tentang seberapa populer posting anda, dan karena sharing adalah hal yang esensial di media sosial, keduanya kemudian dapat dianggap sebagai fitur kunci website tersebut.

Tapi karena dua fitur itu akhirnya menjadi semacam metrik tambahan saja, para pengiklan menjadi sulit untuk mengukur seberapa jauh kesuksesan yang diraih oleh iklan yang dipasang. Ini disebabkan orang-orang dapat secara tidak sengaja mengklik (terutama tombol Like) kapan saja.

Karena itu, akhirnya jejaring sosial tersebut memutuskan untuk tidak memperhitungkan seberapa “like” yang anda terima dan seberapa banyak “share” yang anda peroleh. Keduanya tidak lagi masuk dalam penghitungan Cost per Click, sehingga kini tidak lagi menjadi terlalu berharga seperti sebelumnya.

Saat perusahaan tersebut meluncurkan API yang baru minggu depan, para pengiklan akan melihat CPC yang dihitung hanya dari klik yang mengarahkan anda ke website eksternal, menginstall sebuah aplikasi atau menonton video di domain lain. Kedua tombol tadi (suka dan bagikan) tidak lagi berpengaruh.

Tapi pihak Facebook mengatakan bahwa keduanya tidak sepenuhnya tanpa manfaat. “Jika sebuah konten mendapatkan “like and share” yang banyak, itu berarti konten tersebut memiliki kualitas yang tinggi dan disampaikan ke audien yang tepat”. Disamping itu tentu saja keduanya masih merupakan indikator yang baik bagi popularitas halaman perusahaan, selebritis atau para pseudo-selebriti. [opensource.id]

%d bloggers like this: