Mengapa Ubuntu Berencana Mengganti Paket Tradisional Linux

MAURICE SVAY VIA FLICKR/CREATIVE COMMONS MAURICE SVAY VIA FLICKR/CREATIVE COMMONS
MAURICE SVAY VIA FLICKR/CREATIVE COMMONS

MAURICE SVAY VIA FLICKR/CREATIVE COMMONS

Artikel oleh : Chris Hoffman (PC World)

chrishoffman

Diterjemahkan dari artikel aslinya oleh OpenSource.ID

Ubuntu sedang membuat sebuah perubahan yang dramatis.

Bukan, yang saya maksud bukanlah perubahan besar penggantian Desktop Unity 8 dengan tampilan server Mir, meskipun itu juga hal yang sedang berlangsung. Yang saya maksud adalah Ubuntu akan mengganti paket-paket Deb serta apt-get yang selama ini kita kenal dengan Snappy, yang saat ini ditujukan untuk penggunaan cloud images.

Canonical Ubuntu tampaknya bukan pula satu-satunya proyek yang akan mengganti paket-paket Linux dengan sesuatu yang lebih baik. Proyek GNOME pun saat ini sedang membuat sandboxedframework paket aplikasi lintas distro.

Bagaimana paket Linux tradisional bekerja

Untuk tahu perubahan apa yang terjadi, sebelumnya kita perlu memahami bagaimana manajer paket Linux yang ada saat ini bekerja.

Seperti Debian, Ubuntu saat ini menggunakan paket .deb. Pada dasarnya dia adalah arsip-arsip file yang diekstrak oleh manajer paket ke dalam sistem anda, terkadang dengan beberapa tambahan script konfigurasi. File-file ditempatkan dalam berbagai direktori sistem di hard-drive anda. File-file library masuk ke dalam direktori library, file-file yang executables ditempatkan dalam direktori binary, dan lainnya.

gimp-package-dependencies-100594136-large

Suatu paket seringkali bergantung pada paket-paket lainnya. Sebuah paket punya daftar paket-paket apa saja yang dia butuhkan, sehingga paket-paket lain itu harus diinstall sebelum menginstall paket yang membutuhkannya tadi. Manajer paket modern seperti apt-get melakukan hal tersebut secara otomatis. Saat anda menginstall aplikasi seperti GIMP pada sistem Linux anda – misalnya – paket manajer secara otomatis mengunduh paket-paket lain yang dibutuhkan dan memastikan anda menginstall versi yang benar. Semuanya diinstall di berbagai lokasi pada sistem anda. Paket-paket tersebut juga memiliki potensi untuk menginterferensi satu dengan yang lain.

Apa Perbedaan Snappy

Sistem Snappy Ubuntu saat ini digunakan untuk server cloud dan smart device. Penampilan pertama Snappy Ubuntu Core adalah di versi terbaru Ubuntu 15.04 .

Snappy bekerja secara berbeda. Aplikasi tidak lagi diinstall menyebar ke seluruh sistem. Basis sistem operasi Ubuntu menjaganya terisolasi secara aman dari aplikasi-aplikasi lain yang akan anda install kemudian. Baik sistem basis maupun paket-paket Snappy, keduanya disimpan sebagai images read-only

Aplikasi-aplikasi tersebut diinstall ke direktori-direktori yang terpisah dan terisolasi satu sama lain lewat sistem AppArmor yang berbasis kernel Linux. Paket Snappy dapat menyertakan seluruh library dan file-file yang dia butuhkan, sehingga tidak bergantung pada paket-paket yang lain. Ubuntu saat ini sedang mengembangkan dukungan “deduplikasi” yang berarti salinan duplikasi dari suatu file tidak akan disimpan – jika dua paket Snappy menyertakan library yang sama, maka dia akan disimpan di satu tempat saja.

snappy-100594135-medium

Snappy juga menawarkan transaksi update yang “worry-free”. Sebuah update tidak akan pernah gagal. Sebelum sebuah paket diupdate, maka data anda akan dibackup – jika update gagal, segala sesuatunya akan dikembalikan ke kondisi sebelumnya. Anda juga dapat dengan mudah kembali ke versi paket sebelumnya, hal yang sulit dilakukan dengan paket Linux yang ada saat ini.

Snappy juga mendukung update “delta”, yang berati hanya bit-bit yang berubah dari paket yang perlu diunduh dan diinstall. Sistem utama Ubuntu juga dapat diupdate dengan Snappy, ini berarti update yang lebih cepat dan lebih tepat dapat diterapkan pada inti sistem operasi.

Masa Depan Ubuntu Desktop Adalah Snappy

Hal itu adalah sesuatu yang bagus. Saat ini sudah tersedia image Ubuntu Snappy Core yang mungkin ingin anda gunakan di server Cloud. Para pengembang Ubuntu sedang bekerja membawa Snappy ke image Ubuntu Desktop berikutnya, dimana Unity 8 dan Mir sudah mulai digunakan. Dalam satu atau dua tahun mendatang, sistem Ubuntu berbasis Snappy mungkin akan menjadi standar. Snappy juga akan digunakan di Ubuntu phones, menggantikan paket Click yang saat ini digunakan disana. Ini berarti update paket akan menjadi lebih cepat dan lebih tepat, dengan keamanan dan isolasi antar paket yang lebih baik.

Desktop Snappy akan menjadi image alternatif saat pertama kali muncul. Anda tidak akan dipaksa berpindah dari apa yang ada saat ini, dari sistem pemaketan Deb ke Snappy. Tetapi para pengembang Ubuntu berpikir saatnya sudah tepat untuk meninggalkan sistem pemaketan tradisional Linux dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik. [opensource.id]

%d bloggers like this: