Mini-PC dengan OS Ubuntu

Intel-Compute-Stick-ct-1215-063-16-9-dd756a1e6fd2ede3

Intel-Compute-Stick-ct-1215-063-16-9-dd756a1e6fd2ede3

Komputer mini x86 dengan format stick HDMI diperkirakan akan menarik banyak perhatian, meskipun mereka relatif lebih lambat dan masih belum terlalu lengkap, berbeda dengan harapan yang ada. Selain ada sejumlah HDMI sticks dengan Windows 8.1, kini ada pula versi lebih murah menggunakan Linux, dinamakan Intel Compute dengan Ubuntu LTS 14:04. Diluncurkan dengan tipe STCK1A8LFC atau BOXSTCK1A8LFC, kini keduanya sudah dapat dipesan dengan harga sekitar 120 euro.

Jika dibandingkan dengan stick yang  menggunakan Windos 8.1, maka versi ini sangat jauh lebih murah, walau dengan sedikit pengurangan spesifikasi perangkat keras dari yang dipresentasikan oleh Microsoft Windows. Intel menanamkan hanya 1 GB RAM serta 8 GB flash memory, sementara Compute Stick yang menggunakan Windows memiliki 2 GB RAM serta 32 GB eMMC Flash. Kedua stick tersebut dapat diupgrade menggunakan tambahan flash memory micro SD Card.

Kekuatan Komputer

Di Compute Stick versi Windows terdapat kipas yang hanya berputar saat komputer mendapat beban yang tinggi.  Karena merupakan pendingin tambahan, yang jarang berputar meski saat memutar video HD, maka spesifikasinya seakan hampir sama saja dengan stick HDMI tanpa kipas yang menggunakan prosesor Intel Atom Z3735F.

Meskipun komputer dengan Atom SoC cukup kuat untuk menjalankan video HD dengan Ubuntu 14.04 LTS, tetapi saat pengujian, CPU core tidak cukup tangguh, hanya saja perangkat keras dekoder video sudah tertanam di board, meskipun membutuhkan driver yang tepat.

Canonical di blog mereka telah membuat pernyataan jelas bahwa versi 64 bit Ubuntu LTS14.04 digunakan dalam versi Linux Compute Stick. Sementara versi Windows 8.1 hanya menggunakan versi 32 bit, karena yang digunakan adalah versi Atom Tablet yang lebih murah yang hanya mendukung UEFI BIOS 32-bit. Firmware apa yang digunakan di Ubuntu Stick masihlah belum ada informasi lebih lanjut.

image-1431348191440400-b52baba76ce19951

Aksesoris

Kedua Compute Stick menyertakan adapter WiFi dan Bluetooth 4.0. Untuk perangkat koneksi ada USB 2.0 tanpa USB 3.0. Intel menyertakan power supply 5-volt, 2 A yang dapat dihubungkan dengan konektor Micro-USB. Kabel pendek tambahan HDMI disertakan pula oleh Intel, jika ternyata drive yang digunakan tidak sesuai dengan socket yang tersedia. Dengan adapter yang tepat, kabel HDMI yang panjang juga dapat digunakan.

Penggunaan aplikasi pada Compute Stick umumnya adalah perangkat-perangkat ringan, straming client (seperti Kodi, yang dulunya dikenal dengan XBMC) atau Signage-Player. Meskipun demikian perangkat ini juga cukup kuat untuk kerja-kerja office sederhana. [opensource.id]

%d bloggers like this: